Kamis, 11 Oktober 2012

Konsep, Aliran dan SejarahKoperasi

KonsepKoperasi


* KonsepKoperasi Liberal

Di sinidinyatakanbahwakoperasimerupakanorganisasiswasta, yang dibentuksecarasukarelaoleh orang-orang yang mempunyaikesamaankepentingan Jikadinyatakansecaranegatif, denganmaksud mengurusikepentinganparaanggotanyasertamenciptakankeuntungantimbalbalikbagianggotakoperasimaupunperusahaankoperasi.Persamaankepentingantersebutbisaberasaldariperoranganataukelompok.Kepentinganbersamasuatukelompokkeluargaataukelompokkerabatdapatdiarahkanuntukmembentukataumasukmenjadianggotakoperasi.
, makakoperasidalampengertiantersebutdapatdikatakansebagai “organisasibagikelompokegoisme”.Namundemikian, unsuregoistikinidiimbangidenganunsurpositifsebagaiberikut:
 
Keinginan individual dapatdipuaskandengancarabekerjasamaantarsesamaanggota, dengansalingmenguntungkan.
- Setiapindividudengantujuan yang samadapatberpartisipasiuntukmendapatkankeuntungandanmenanggungrisikobersama.
- Hasilberupa surplus/keuntungandidistribusikankepadaanggotasesuaidenganmetode yang telahdisepakati.
- Keuntungan yang belumdidistribusikanakandimasukkansebagaicadangankoperasi
 
* KonsepKoperasiSosialis

Konsepkoperasisosialismenyatakanbahwakoperasidirencana
kandandikendalikanolehpemerintah, dandibentukdengantujuanmerasionalkanproduksi, untukmenunjangperencanaannasional.
 
Sebagaialatpelaksanadariperencanaan yang ditetapkansecarasentral, makakoperasimerupakanbagiandarisuatutataadministrasi yang menyeluruh, berfungsisebagaibadan yang turutmenentukankebijakanpublik, sertamerupakanbadanpengawasandanpendidikan. Peranpentinglainkoperasiialahsebagaiwahanauntukmewujudkankepemilikankolektifsaranaproduksidanuntukmencapaitujuansosialpolitik. Menurutkonsepini, koperasitidakberdirisendiritetapimerupakansubsistemdarisistemsosialismeuntukmencapaitujuan-tujuansistemsosialis-komunis.






* KonsepKoperasi Negara Berkembang

 
Adanyacampurtanganpemerintah Indonesia dalampembinaandanpengembangankoperasi di Indonesia membuatnyamiripdengankonsepsosialis.Perbedaannyaadalah, koperasi di negaraberkembangseperti Indonesia, tujuannyaadalahmeningkatkankondisisosialekonomianggotanya.

AliranKoperasi

* Aliran Yardstick

- Dijumpaipadanegara-negara yang berideologikapitalisatau yang menganutperekonomian Liberal.
- Koperasidapatmenjadikekuatanuntukmengimbangi ,menetralisasikandanmengoreksi.
 Pemerintahtidakmelakukancampurtanaganterhadapjatuhbangunyakoperasi di tengah tujuankoperasidalamkonsepsosialisadalahuntukmerasionalkanfaktorproduksidarikepemilikanpribadikepemilikankolektif
 
sedangkan  -tengahmasyarakat .Majutidaknyakoperasiterletak di tangananggotakoperasisendiri.
- Pengaruhaliraninisangatkuat, terutama di negara-negarabaratdimanaindustriberkembangdenganpesat. Seperti di AmerikaSerikat, Perancis, Swedia, Denmark, Jerman, Belandadan lain-lain.
 
* AliranPersemakmuran
* AliranSosialis

Koperasidipandangsebagaialat yang paling efektifuntukmencapaikesejahteraanmasyarakat, disampingitumenyatukanrakyatlebihmudahmelaluiorganisasikoperasi.
Pengaruhaliraninibanyakdijumpai di negara-negaraEropaTimurdanRusia.
 
Koperasisebagaialat yang efisiendanefektifdalammeningkatkankualitasekonomimasyarakat.
HubunganpemerintahdengangerakankoperasibersifatKemitraan/partnership, dimanapemerintahbertanggungjawabdanberupaya agar iklimpertumbuhankoperasiterciptadenganbaik.

SejarahKoperasi

Sejarahsingkatgerakankoperasibermulapadaabad ke-20 yang padaumumnyamerupakanhasildariusaha yang tidakspontandantidakdilakukanoleh orang-orang yang sangat kaya.Koperasitumbuhdarikalanganrakyat, ketikapenderitaandalamlapanganekonomidansosial yang ditimbulkanolehsistemkapitalismesemakinmemuncak.Beberapa orang yang penghidupannyasederhanadengankemampuanekonomiterbatas, terdorongolehpenderitaandanbebanekonomi yang sama, secaraspontanmempersatukandiri  untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya.
 
Gerakankoperasidigagasoleh Robert Owen (1771-1858), yang menerapkannyapertama kali padausahapemintalankapas di New Lanark, Skotlandia.

Gerakankoperasiinidikembangkanlebihlanjutoleh William King (1786–1865) denganmendirikantokokoperasi di Brighton, Inggris.Pada 1 Mei 1828, King menerbitkanpublikasibulanan
yang bernama The Cooperator, yang berisiberbagaigagasandan saran-saran praktistentangmengelolatokodenganmenggunakanprinsipkoperasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar